page title icon Banyak Skill Itu ENGGAK Penting

Skill merupakan kemampuan seseorang untuk memanfaatkan sesuatu yang diketahui untuk dipraktekkan dalam kehidupan nyata.

Setiap orang mampu untuk mengasah atau mempertajam skill mereka masing-masing dengan tentunya dengan belajar.

Cuman yang menjadi pertanyaan cukup banyak orang adalah lebih baik kita punya banyak skill atau hanya fokus pada skill tertentu saja?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, gua bakalan cerita sedikit tentang pengalaman gua sendiri.

Jadi, selama kurang lebih 22 tahun gua hidup di dunia ini, gw sudah cukup banyak belajar hard-skill mulai dari pas SMA gua sudah suka otak-atik website yang gua buat dengan platform blogger dan mem-posting materi-materi pelajaran sekolah yang gua pelajari.

Selama gua sekolah, gw juga pernah mengambil kursus bahasa inggris dan bahasa mandarin untuk mengasah kemampuan berkomunikasi bahasa asing gua.

Dan setelah lulus sekolah, gua pun lanjut untuk mengambil kuliah S1 jurusan manajemen.

Selama kuliah sampai gua lulus sekarang ini, banyak hal-hal baru juga yang sudah gua pelajari, dimana selain belajar tentang ilmu-ilmu manajemen tentunya gua juga sering mempelajari hal-hal baru melalui depan layar komputer.

Pertama gw mempelajari bahasa web dasar yaitu HTML dan CSS yang tujuannya agar gua dapat lebih mengerti beberapa hal ketika mengelola website gua.

Gua juga belajar untuk menggunakan platform wordpress.com dan wordpress.org untuk mengelola website gua, dimana sebelumnya website gw dibuat menggunakan blogger.

Tidak cuman itu saja, ketika sudah mulai jarang nge-blogging lagi, gua juga sempet belajar programming, dimana bahasa programming yang gw pelajari adalah pyton.

Alasannya sebenarnya simpel kenapa gw pengen belajar pyton (padahal kuliah gua manajemen), yaitu gua pengen melakukan otomisasi untuk beberapa hal atau tugas yang repititif.

Sebab python dapat digunakan untuk berbagai aplikasi mulai ms office, atau untuk membuat bot di social media.

Gua pun menyelesaikan kursus python yang gua ambil online di udemy.com, setelah menyelesaikan kursus tersebut sekitar 1 bulan, akhirnya gua memutuskan untuk tidak mempelajari lebih mendalam tentang python ini.

Setelah belajar python, selanjutnya gua pun melanjutkan perjalanan pembelajaran gua lagi, dimana kemudian gua mulai belajar produk-produk dari adobe mulai dari photoshop, illustrator, dan sedikit tentang premiere pro.

Tujuannya karena gw berharap skill tersebut dapat gua gunakan untuk freelance agar memperoleh pendapatan tambahan saat sudah kerja.

Oh iya, walaupun memang selama kuliah gw yang kelihatan memang agak kurang fokus karena gua mempelajari hal-hal di luar dunia manajemen, tetapi gua masih bisa dapat lulus dalam 3,5 tahun dengan IPK 3,81.

Lanjuut ke topik tadi, dimana setelah gua mempelajari semua produk adobe tersebut, ternyata gua baru menyadari bahwa dengan skill yang gua hanya pelajari dalam 1-3 bulan gua rasa tidak akan cukup walaupun hanya untuk menjadi freelance saja.

Gua pun menyadari, semua waktu yang sudah gua gunakan untuk mempelajari skill yang akhirnya tidak terpakai akan terbuang sia-sia.

Sebab, kita ga bakalan mungkin untuk mengalahkan orang yang memang fokus dan sangat menguasai dan mempelajari suatau bidang tertentu selama bertahun tahun.

Sebab orang tersebut menghabiskan waktunya hanya untuk mempelajari tentang hal tersebut, sedangkan waktu kita terbagi-bagi untuk banyak hal.

Memang ada beberapa orang yang cepat tangkap dalam mempelajari hal baru, tetapi jika orang tersebut tidak fokus dalam 1 hal, gua rasa pada akhirnya dia juga akan kalah dengan orang yang memang hanya fokus mempelajari 1 hal.

Sebab, waktu yang dimiliki seitap orang itu sama yaitu 24 jam untuk setiap harinya.

Maka dari itu, menurut gua jauh lebih baik untuk menguasai sampai sangat mantap satu skill, dan kemudian jika memungkinkan dan masih memiliki waktu anda dapat mempelajari skill lain yang dirasa masih berkaitan dengan skill anda sebelumnya.

Sekian dari postingan ini, terima kasih sudah membaca (kalau ada yang baca), mohon maaf kalau berantakan karena masih mulai belajar skill menulis. Sekian….

Leave a Comment