Belajar Online di Rumah Selama Pandemi

Saya sudah lulus kuliah sejak akhir tahun 2019 dan seharusnya sudah wisuda di bulan Maret 2020.

Hanya saja, karena pandemi virus covid-19 yang mulai menyebar di Indonesia, akhirnya kegiatan wisuda ditunda sampai sekarang pun belum ada informasi mengenai kelanjutannya.

Selama lebih dari setengah tahun ini, karena wabah virus corona, saya juga belum dapat langsung untuk mencari kerja.

Alasannya bukan karena tidak ada perusahaan yang mau menerima. Malahan sebaliknya, sudah ada beberapa perusahaan yang telah menghubungi dan menawarkan saya pekerjaan.

Tetapi, terpaksa saya tolak untuk sementara mengingat jumlah pasien yang terkena dampak wabah virus corona yang makin lama semakin tinggi di Indonesia.

Setelah hampir setengah tahun berlalu, sebenarnya saya sudah mulai berpikir untuk mencari pekerjaan, mengingat mau makan apa kalau tidak kerja, dan meningat juga umur yang semakin lama semakin tua.

Hanya saja, karena ada alasan lain dimana saya juga harus mengantar ibu saya untuk kemoterapi setiap 2 minggu sekali di Rumah Sakit Siloam Semanggi. Akhirnya saya coba untuk mengurungkan niat saya untuk sementara waktu lagi.

Jadi, selama setengah tahun lebih ini, saya menghabiskan waktu dirumah mayoritas di rumah. Dan juga, karena saking banyaknya waktu luang saya, saya manfaatkan untuk belajar online.

Saya akhirnya mendaftar di situs belajar online Udemy. Disana, anda bisa belajar berbagai ilmu mulai dari marketing, design, programming, SEO, dan yang lainnya.

Jadi akan terdapat banyak pilihan kursus, dan kemudian anda dapat memilih untuk membeli kursus apa yang anda inginkan atau memilih kurus gratis yang tersedia.

Tetapi, saya sarankan untuk membeli kursus berbayar, karena material yang dijelaskan jauh lebih lengkap dan padat. Walaupun bukan berarti kursus yang gratis tidak berkualitas.

Material yang diberikan mayoritas berbentuk video, dan jika anda telah menyelesaikan semua kursus yang diberikan, biasanya anda juga akan memperoleh sertifikat yang menyatakan anda telah lolos kursus tersebut.

Harga tiap kursusnya sebenarnya murah, hanya saja mungkin karena strategi marketing dimana mereka akan menyetel harga per kursus mendekati Rp 2 jutaan dan kemudian akan diberikan diskon sampai seharga mendekati Rp 200.000 an.

Jadi, saya sarankan untuk membeli kursus yang anda inginkan ketika terdapat diskon saja. Biasanya, juga akan selalu ada diskon untuk pengguna baru.

Berikut adalah kursus yang sama ambil https://www.udemy.com/course/complete-python-bootcamp/, dimana kursus yang saya pilih adalah kursus mengenai programming menggunakan python.

Dimana dengan hanya membayar sekitar Rp 150.000 an, saya sudah mendapat total sampai 20 jam video penjelasan tentang bahasa programming python. Selain itu, saya juga memperoleh berbagai file untuk latihan programming python.

Kursus yang telah anda beli atau dapatkan secara gratis juga memiliki akses seumur hidup, jadi anda tetap dapat mengaksesnya kapanpun di kemudian hari jika memerlukannya.

Selain Udemy, tersedia juga situs belajar online berbasis langganan yang dapat anda gunakan jika anda ingin belajar berbagai macam kursus sekaligus.

Situs tersbut adalah Skillshare. Dimana Anda hanya perlu untuk membayar $99 untuk memperoleh semua kursus yang tersedia disana selama 1 tahun.

Jadi, Skillshare ini sangat cocok bagi anda jika anda memiliki sangat banyak waktu untuk belajar berbagai macam kursus sekaligus.

Tersedia juga free membership, jadi hanya dengan mendaftar, anda sudah akan memperoleh beberapa konten gratis yang sudah disediakan oleh skillshare.

Tetapi, perlu diingat bahwa mayoritas kursus yang terdapat di Udemy dan Skillshare menggunakan bahasa inggris, mungkin ada beberapa kursus yang sudah tersedia subtitle dengan bahasa indonesia.

Jadi, kalau kalian merasa bahasa inggris kalian masih kurang fasih, saya lebih sarankan jika ingin belajar online di rumah menggunakan https://skillacademy.com/ dari Ruang Guru.

Atau mungkin kalian bisa belajar sambil melatih bahasa inggris anda sekaligus.

Leave a Comment