Blogger atau WordPress, Pilih yang Mana?

Blogger dan WordPress adalah layanan untuk membantu anda membuat website atau blog dengan cepat dan mudah.

Sebenarnya masih ada layanan blogging lainnya yang juga tersedia misalnya seperti tumblr, squarespace, atau seperti wix yang iklannya seringkali muncul di iklan youtube anda.

Hanya saja, pada postingan ini hanya akan membandingkan 2 layanan blogging yang paling populer di dunia yaitu blogger dan wordpress.

Jadi, Platform blogging mana yang terbaik antara wordpress dan blogger?

Jawabannya tergantung dilihat dari perspektif anda masing masing.

Jika dilihat dari jumlah penggunanya, jumlah pengguna wordpress masih jauh lebih banyak dibanding pengguna blogger.

Tetapi, menurut saya sendiri yang masih tergolong blogger pemula, saya lebih merekomendasikan blogger.

Alasan utamanya adalah karena layanannya yang gratis tanpa biaya sama sekali.

Dimana di website yang kalian lihat ini, saya hanya membeli domain seharga 170 ribuan untuk 1 tahun.

Selain itu, anda juga bebas untuk mengkostumisasi website anda sesuka keinginan. Hanya saja, diperlukan pengetahuan website desain untuk dapat mengedit website anda.

Tapi saya juga pernah menggunakan layanan wordpress, dimana menurut saya layanan wordpress jauh lebih lengkap dan sangat mudah digunakan dibanding blogger.

Hanya saja, masalahnya di wordpress fiturnya terbatas tergantung membership anda, jadi ada berbagai fitur yang tidak bisa digunakan untuk pengguna gratis.

Saat saya menggunakan wordpress sendiri, saya terdaftar pada membership premium yang biayanya sekitar $8 per bulan.

Dimana, dengan harga segitu masih ada beberapa fitur yang menurut saya cukup penting yang belum bisa digunakan, dan untuk menggunakannya kita harus mengupgrade nya ke business membership dengan harga $25 per bulan.

Fitur yang menurut saya penting ini adalah fitur untuk menghubungkan website kita ke google adsense dan seo plugin nya.

Dimana, jika hanya dengan wordpress premium anda hanya bisa menggunakan layanan iklan dari wordpress sendiri yaitu wordads yang menurut saya peformanya sangat kurang.

Tetapi, untuk layanan penggunaannya wordpress masih unggul sangat jauh dibanding blogger karena sangat mudah digunakan dan user friendly yang mana sangat mudah bagi kita untuk mengkostumisasi website kita sendiri tanpa pengetahuan website design.

Selain itu, pada layanan premium anda mendapatkan layanan live chat bantuan yang bisa anda akses hampir 24 jam, jadi anda segera bisa menanyakan kendala anda ke live chat itu.

Jadi, Platform Blogging Mana yang Sebaiknya Kalian Pilih?

Saya menyarankan untuk menggunakan platform blogging dari blogger jika anda masih pemula dan belum mengetahui tentang blog. Seiring website dan pengetahuan anda berkembang, anda bisa mulai memindahkan website anda ke wordpress.

Namun, anda juga bisa langsung menggunakan wordpress, karena wordpress juga menyediakan layanannya secara gratis walaupun dengan fitur yang sangat terbatas.

Nah tetapi bagi anda yang ingin membuat website untuk bisnis atau untuk berjualan online, ada baiknya anda langsung menggunakan wordpress.

Karena di wordpress menyediakan berbagai layanan dan kebutuhan bagi anda untuk membuat website bisnis atau e-commerce anda.

Tapi, tentunya kalian juga harus membutuhkan investasi awal yang cukup besar yang mana berikut adalah rincian biayanya untuk paket bisnis dan ecommerce:

Harga WordPress.com for Business dan eCommerce

Leave a Comment