Desain Objek 3D Sendiri dengan Blender

Bagi kalian-kalian yang ingin memulai dan memahami lebih lanjut tentang dunia 3d design, mungkin informasi ini akan cukup bermanfaat bagi anda.

Untuk Apa Belajar 3d Design

Terdapat berbagai alasan bagi anda kenapa ingin belajar 3d design.   Saya sendiri pribadi, karena ingin membuat desain 3d untuk instagram filter saya sendiri.

Seperti yang sudah kalian ketahui, bahwa sekarang ini kita sudah bisa membuat filter instagram kita sendiri. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat diĀ Membuat Instagram Filter Sendiri dengan Spark AR.

Hanya saja, secara umum, dengan belajar 3d design, maka otomatis kalian juga dapat untuk membuat suatu objek 3d anda sendiri yang dapat dijadikan gambar, video animasi, atau bahkan untuk dicetak sendiri dengan menggnakan 3d printer.

Selain itu, 3d design juga seringkali digunakan oleh para desainer dalam merancang desainnya. Seperti seorang arsitek dalam merancang maket.

Software 3d Design

Desain 3d berbeda dengan desain 2d yang mayoritas sudah kalian ketahui atau kenali.

Sehingga, software yang digunakan tentunya pun berbeda. Dimana, kalian tidak bisa menggunakan software desain 2d seperti adobe illustrator atau adobe photoshop untuk mendesain suatu objek 3d.

Mungkin, kalian masih bisa mendesain 3d dengan photoshop. Namun, tetap saja fitur yang tersedia disana sangat terbatas.

Jadi, pertama-tama, kalian tentunya harus mengetahui software apa yang akan digunakan untuk mendesain suatu objek 3d.

Jika kalian browsing sendiri di google tentang software 3d design, terdapat banyak pilihan yang dapat kalian pilih.

Bahkan sekarang ini juga sudah tersedia software 3d design hanya melalui suatu web tanpa mendownload aplikasi tertentu. Tentunya dengan fitur yang terbatas pula, sehingga lebih disarankan untuk tetap mendownload aplikasinya.

Terdapat berbagai aplikasi 3d design seperti tinkercad, sketchup yang seringkali muncul ketika kalian mencari 3d software di google.

Yang menjadi masalah adalah kebanyakan aplikasi 3d design tersebut berbayar. Jadi kalian harus berlangganan terlebih dahulu, atau hanya dapat memperoleh free trial selama 30 hari.

Dan juga, aplikasi seperti sketchup, lebih tepat digunakan untuk para arsitek dalam pembuatan maketnya.

Oleh sebab itu, saya sarankan untuk mencoba aplikasi bernama blender.

Blender adalah salah satu aplikasi 3d design yang sangat populer, dan banyak sekali animator lain juga menggunakan aplikasi ini.

Selain itu, yang menjadi poin utama adalah aplikasi ini gratiss. Jadi, kalian tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk memulai belajar membuat desain 3d anda sendiri.

Untuk link download aplikasi dapat kalian kunjungi di: https://www.blender.org/

Memulai Desain

Setelah software blender sudah berhasil terinstall di komputer anda, maka langkah selanjutnya adalah belajar, belajar, dan belajar.

Terdapat sangat banyak tutorial penggunaan blender baik di google atau di youtube yang dapat kalian ikuti.   Saya pribadi menyarankan tutorial dari Blender Guru yang mana di video ini menjelaskan tentang cara membuat donat dan secangkir kopi sembari menjelaskan fitur-fitur basic yang tersedia dalam blender.

Cobalah ikuti tutorial tersebut sampai selesai dan desain donat dan secangkir kopi dengan gaya anda sendiri.

Selain tutorial ini, terdapat berbagai tutorial lain dalam channel youtube Blender Guru sendiri dalam membuat berbagai objek 3d lain juga yang dapat kalian pelajari.

Jika masih belum cukup, anda juga dapat menonton channel youtube lain atau mempelajarinya di google.

Setelah anda mengikuti tutorial pembuatan donat dan kopi ini, seharusnya anda sudah mulai memahami tentang bagaimana pengoperasian aplikasi blender.

Anda tidak perlu untuk memahami keseluruhan fungsi dari setiap fitur yang ada di blender. Anda hanya perlu membiasakan diri saja dengan penggunaan aplikasi ini saja.

Jika anda sudah terbiasa, anda seharusnya sudah dapat mendesain objek 3d kalian sendiri dengan blender.   Sekian info tentang desain 3d singkat yang dapat gua berikan. Terima Kasih.

Leave a Comment