Membuat Instagram Filter Sendiri dengan Spark AR

Instagram merupakan salah satu platform sosial media yang cukup besar hingga saat ini di dunia.   Hampir semua orang pasti mengenal sosial media satu ini, terutama para kaum remaja. Sebab, mayoritas dari pengguna instagram sendiri adalah kaum remaja.

Berbeda dengan sosial media facebook yang mayoritas penggunanya rata-rata sudah berkeluarga.

Tetapi, instagram sendiri juga sudah dibeli oleh facebook membuat facebook sebagai induk perusahaan dari instagram.

Kembali lagi ke instagram, dimana di instagram sendiri terdapat berbagai konten yang dapat dilihat dengan format foto atau video.   Mulai dari berita, meme, selebgram, ataupun foto-foto cewek cantik yang kalian ikuti.

Filter Instagram

Instagram sendiri beberapa waktu yang lalu mulai menambahkan berbagai macam fitur baru, salah satunya adalah AR atau Augmented Reality yang mana dengan fitur ini kita dapat menambahkan atau memuncukan suatu objek animasi 2D atau 3D pada layar kamera anda.

Fitur AR ini terus berkembang dari yang hanya terdapat beberapa filter hingga saat ini jumlah filternya sudah tidak terhitung.

Salah satu penyebab filter instagram yang terus berkembang adalah karena filter instagram saat ini sudah dapat dibuat oleh siapun hanya dengan bermodalkan komputer dan koneksi internet saja.

Dimana, facebook menyediakan aplikasi bernama Spark AR yang berfungsi untuk mendesain filter anda sendiri dan menguploadnya di facebook atau instagram anda. Link nya dapat dilihat di https://sparkar.facebook.com/ar-studio/

Pembuatan Filter Sendiri

Untuk pembuatan filternya sendiri sebenarnya diperlukan pengetahuan yang lebih lanjut, sebab tidaklah mudah untuk membuat suatu filter.

Hanya saja terdapat berbagai tutorial yang disediakan pada aplikasi Spark AR sendiri yang dapat kalian ikuti sembari belajar.

Spark AR juga menyediakan berbagai template filter yang dapat anda gunakan seperti filter untuk mengganti warna mata, dekorasi wajah, mengganti background, makeup, menambahkan objek 3D, filter warna, dll.

Filter Default Spark AR
Filter Default Spark AR

Diluar filter default tersebut terdapat juga berbagai filter lain yang dapat kalian pelajari sendiri diĀ https://sparkar.facebook.com/ar-studio/learn/documentation/guides, dimana disana anda juga dapat mempelajari tentang fitur-fitur apa saja yang dapat digunakan di Spark AR ini sehingga dapat membantu anda dalam berkreasi membuat suatu filter sesuai dengan keinginan anda.

Jika masih kurang, anda juga bisa mempelajari penggunaan dari Spark AR ini di youtube yang mana sudah tersedia banyak sekali tutorial dalam membuat suatu filter instagram di youtube.

Saat awal-awal penggunaan aplikasi ini akan terasa sangat membingungkan, hanya saja jika anda telah mempelajari dan mengikuti tutorial yang diberikan, dijamin anda akan menjadi lebih familiar dengan aplikasi ini.

Mendesain Objek 3D

Yang menjadi masalah bagi saya dalam penggunaaan aplikasi ini adalah dalam menambahkan objek 3D sendiri.

Sebab, untuk menambahkan objek 3D anda sendiri, anda tidak dapat mendesainnya sendiri di aplikasi Spark AR ini.

Anda hanya dapat menambahkan objek 3D yang sudah pernah anda buat di aplikasi lain dan mengimpor nya untuk ditambahkan ke filter anda.

Jadi pada intinya, jika anda ingin menambahkan objek 3D anda senidiri, diperlukan pengetahuan penggunaan software 3D design lagi.

Jika anda ingin mempelajari bagaimana penggunaan aplikasi 3D saya sarankan untuk menggunakan aplikasi blender, sebab aplikasi tersebut gratis dan sudah sangat cukup untuk membuat objek 3D yang anda inginkan.

Selain itu, aplikasi ini juga sudah memiliki banyak tutorial tentang bagaimana penggunaan aplikasi blender yang dapat kalian akses sendiri di youtube. Link aplikasi blender dapat dilihat di https://www.blender.org/.

Hanya saja, jika anda tidak ingin mempelajari tentang pembuatan objek 3D, sebenarnya anda juga tetap dapat menambahkan objek 3D ke filter yang anda buat.

Dimana, Spark AR sendiri juga menyediakan berbagai template objek 3D buatan orang lain yang dapat anda gunakan untuk filter anda.

Selain itu, anda juga dapat mencari di google untuk objek 3D yang anda inginkan dan kemudian diimpor ke aplikasi Spark AR ini.  

Mengupload Filter Anda

Jika anda sudah selesai dalam mengerjakan filter Anda, maka anda dapat langsung menguploadnya di https://www.facebook.com/sparkarhub/dashboard/

Hanya saja, sebelum mengupload filter anda, anda harus mengreview terlebih dahulu filter yang telah anda buat di smartphone anda dengan memindahkan file yang telah anda buat ke smartphone anda kemudian dibuka dengan aplikasi Spark AR Player yang tersedia di Android dan IOS.

Setelah anda mencoba, disarankan untuk sekalian membuat demo video filter anda, sebab video demo tersebut juga diperlukan ketika akan mengupload filter anda.

Selain filter demo, hal lain yang perlu anda siapkan juga adalah icon yang akan digunakan untuk filter anda. Dimana icon tersebut direkomendasikan berukuran 200px X 200px.

Jika kedua hal tersebut sudah dilakukan anda dapat langsung mengunjungi link https://www.facebook.com/sparkarhub/dashboard/ untuk segera mengupload filter anda.

Menunggu Approval

Setelah anda mengupload filter yang telah anda buat di Spark AR Hub, maka anda harus menunggu beberapa hari hingga filter anda dapat diterima.

Hanya saja, perlu juga diperhatikan tentang berbagai kebijakan yang harus dipatuhi dalam filter anda, jika tidak maka filter anda akan ditolak.

Untuk lebih jelas tentang berbagai kebijakan nya dapat dilihat di https://sparkar.facebook.com/ar-studio/learn/documentation/docs/review-policies/.

Sekian penjelasan singkat dalam membuat filter instagram sendiri. Terima Kasih.

Leave a Comment