page title icon Sony Ericsson Xperia X10 Mini Pro

Sony Ericsson Xperia X10 Mini Pro adalah smartphone paling pertama yang pernah saya miliki.

Smartphone ini memiliki ukuran yang mini dimana dimensinya hanya sebesar 119 x 62 x 16 mm dengan berat 175 gram.

Merek ini adalah gabungan dari 2 perusahaan yaitu Sony dan Ericsson yang sekarang kedua perusahaan tersebut sudah berpisah.

Kalau tidak salah, smartphone ini saya gunakan ketika masih duduk di bangku sekolah menengah pertama.

Referensi tentang smartphone ini pertama kali saya dapatkan dari salah satu saudara saya yang juga pengguna smartphone merek Sony Ericsson ini.

Pada saat hendak membeli, saya sempat diberikan pilihan untuk memilih Xperia X10 mini pro ini atau Samsung Galaxy Mini. Sebab, agar tidak sama dengan kakak saya yang juga sudah memilih untuk membeli Xperia X10 mini pro.

Akhirnya, pilihan saya tetap jatuh terhadap Xperia X10 mini pro, hanya saja saya membeli varian warna yang berbeda yaitu warna merah sedangkan kakak saya membeli warna hitam.

Alasan saya untuk tetap memilih produk ini mungkin karena terdapat slider yang pada smartphone ini yang dapat memunculkan papan ketik keyboard sehingga terlihat sangat keren.

Selain itu, saya juga masih kurang familiar dengan brand dari Samsung dan tidak begitu menyukai desain Samsung Galaxy mini ini.

Tetapi, jika dibandingkan performa nya, memang saya rasa Samsung Galaxy mini jauh lebih unggul dibanding Xperia X10 mini pro.

Selama penggunaan, terdapat banyak aplikasi yang akhirnya tidak dapat gunakan dengan handphone ini. Sebab, handphone ini tidak mendukung fitur multi touchscreen dan performanya yang memang agak lambat.

Contohnya seperti games 4 player reactor, atau glow hockey yang tidak bisa dimainkan untuk 2 pemain atau lebih karena layarnya yang begitu kecil yaitu sebesar 4 inci dan tidak bisa multi touchscreen.

Kameranya juga biasa saja, cuman sudah lumayan bagus pada zamannya dengan resolusi 5mp.

CPU yang digunakan yaitu 1.0 GHz Scorpion dan GPU nya Adreno 205.

Smartphone ini memiliki memori internal sebesar 400mb yang bisa dibilang sangat kecil apalagi jika dibandingkan dengan smartphone zaman sekarang dan memiliki RAM sebesar 512mb.

Untuk lebih jelas tentang spesifikasi smartphone ini dapat dilihat sendiri di: https://www.gsmarena.com/sony_ericsson_xperia_x10_mini_pro-3147.php

Meskipun begitu, secara overall saya sangat puas smartphone ini dengan segala keterbatasannya, sebab saya merasa desain smartphone ini begitu unik dan jarang ada smartphone lain seperti ini.

Terdapat juga berbagai aplikasi yang pernah saya gunakan mulai dari androidify, talking tom cat, angry bird, sampai games bawaan handphone ini bernama Peggle yang tidak tersedia di smartphone lain.

Berikut adalah gameplay dari game Peggle ini:

Peggle

Smartphone ini saya gunakan kalau tidak salah selama 2 sampai 3 tahun sampai akhirnya saya mengganti smartphone baru ketika duduk di bangku sekolah menengah atas dengan produk dari Sony juga yaitu Xperia Z.

Alasannya karena… Rusak. Ya, smartphone saya akhirnya mati total dan tidak dapat menyala sama sekali lagi.

Tetapi sampai postingan ini dibuat, smartphone ini masih saya simpan, dan berikut adalah foto smartphone Xperia X10 Mini Pro saya:

Sony Ericsson Xperia X10 Mini Pro
Sony Ericsson Xperia X10 Mini Pro
Sony Ericsson Xperia X10 Mini Pro
Sony Ericsson Xperia X10 Mini Pro
Sony Ericsson Xperia X10 Mini Pro

Leave a Comment